Dosen Narotama Terpilih Presentasi pada 2014 MAG Scholar Global Business
26 November 2014, 17:26:14 Dilihat: 718x
Dua dosen Universitas Narotama terpilih mempresentasikan penelitiannya pada konferensi internasional 2014 MAG Scholar Conference, Marketing and Tourism yang diselenggarakan oleh MAG Scholar® pada tanggal 22—25 November 2014 di Hotel Hyatt Regency, Yogyakarta. Keduanya adalah dosen Fakultas Eknonomi yaitu Santirianingrum Soebandhi, SE, M.Com dan Agus Sukoco, ST, MM.
Tim reviewer telah mengkaji paper yang dibuat oleh Santirianingrum Soebandhi dan Agus Sukoco dengan judul “Role Of Utilitarian Motivation On Social Media Shopping Behavior In Global Trade Era”. Mereka menemukan topik yang diangkat tersebut sangat menarik dan relevan dengan tema konferensi. Paper tersebut selanjutnya akan diterbitkan dalam prosiding konferensi.
Konferensi 2014 MAG Scholar Global Business, Marketing and Tourism ini diikuti oleh perwakilan 8 (delapan) Negara dari 11 negara yang diundang. Antara lain dari Zew Zealand, Portugal, Australia, Thailand, Hungaria, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia. Dari Indonesia terdiri Universitas Narotama, UGM, Universitas Ciputra, dan Universitas Petra.
Santirianingrum mengatakan bahwa pertumbuhan penggunaan web media sosial sangat pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu disertai dengan meluasnya penggunaan media sosial untuk transaksi perdagangan yang dikenal sebagai transaksi perdagangan online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam transaksi online, niat beli sangat dipengaruhi oleh motivasi dan niat pencarian variabel utilitarian.
Hasil penelitian tentang penghematan biaya dari berbagai produk dan variabel ketersediaan informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi utilitarian, sedangkan variabel kenyamanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi utilitarian.
“Motivasi utilitarian memiliki pengaruh yang nyata terhadap mencari niat, motivasi utilitarian dan niat pencarian variabel berpengaruh secara nyata terhadap variabel niat pembelian,” kata Agus Sukoco. [ger]
Foto: Agus Sukoco dan Santirianingrum Soebandhi (empat dari kanan) bersama pemateri yang lain dalam 2014 MAG Scholar Conference.